Tips Cermat Bayar BPJS Online Melalui Mobile Banking

Memiliki asuransi kesehatan BPJS Kesehatan menjadi satu keuntungan tersendiri dimana kita bisa menikmati akses kesehatan secara gratis. Kebutuhan akan akses BPJS Kesehatan kini sangatlah penting dimiliki setiap masyarakat tanpa mengenal usia, sehingga kesehatan bisa lebih terjamin tanpa harus memikirkan beban biaya kesehatan yang semakin meningkat. Namun dalam proses bayar BPJS online kini masih menjadi perdebatan di kalangan pemilik kartu BPJS Kesehatan karena memang tak semua orang bisa melakukannya.

Sistem pembayaran online kini semakin banyak dimanfaatkan untuk membayar asuransi kesehatan seperti BPJS. Oleh sebab itu tak sedikit kalangan mengandalkan fitur mobile banking karena dianggap lebih cepat dan mudah. Maka dari itu ketika Anda sudah memilih metode mobile banking sebaiknya gunakan beberapa tips cermat agar tidak salah dalam melakukannya.

Tips Cermat Bayar BPJS Online di Mobile Banking

Menggunakan akses pembayaran online memberi pengalaman bayar BPJS onlne lebih mudah sehingga siapa saja yang menikmati sistem pembayaran online harus bisa memanfaatkan sistem mobile banking. Oleh sebab itu bila Anda belum mengerti seputar pembayaran mobile banking sebaiknya cermati dari beberapa langkah berikut ini:

  a. Login di Smartphone

Cara pertama cobalah lakukan login di dalam smartphone ataupun aplikasi online shop hingga akun bank tertentu yang memberi akses pembayaran BPJS secara online. Biasanya dalam login harus memiliki akun terlebih dahulu sehingga Anda perlu melakukan proses pendaftaran akun. 

  b. Pilih Menu Pembayaran

Jika sudah berhasil membuat akun cobalah login dengan username dan password yang sudah dibuat. Bila sudah masuk ke dalam aplikasi pilih menu pembayaran asuransi BPJS Kesehatan. Rata-rata dalam aplikasi mobile banking sudah menyediakan menu khusus untuk pembayaran BPJS Kesehatan. Maka dari itu Anda harus bisa melihat secara cermat seperti apa konsep dalam pembayaran BPJS.

  c. Pengisian Nomor Virtual Account

Dari setiap pemilik BPJS Kesehatan bisa dipastikan memiliki nomor virtual account yang mana dimulai dari nomor kode bank kemudian diikuti 11 nomor kartu BPJS Kesehatan Anda. Perhatikan dalam proses pemasukan nomor virtual account jangan sampai melakukan kesalahan karena bisa mengakibatkan salah pembayaran akun kartu BPJS Kesehatan.

  d. Cek Jumlah Iuran BPJS Kesehatan

Pada proses selanjutnya Anda harus melihat berapa besar jumlah biaya bulanan untuk iuran BPJS Kesehatan yang wajib Anda bayarkan. Dari sinilah Anda bisa melihat secara detail besaran iuran beserta denda jika Anda terlambat membayar.

  e. Memasukkan PIN

Bagi pemilik akun mobile banking maka wajib memasukkan PIN ataupun password sebagai satu langkah antisipasi keamanan akun banking Anda. Maka dari itu jangan sampai salah dalam memasukkan nomor PIN agar proses bayar BPJS Online lebih mudah dilakukan.

  f. Menyelesaikan Proses Pembayaran BPJS

Pada langkah terakhir Anda cukup memastikan bahwa pembayaran BPJS Online menggunakan mobile banking sudah selesai dilakukan. Biasanya dari pihak aplikasi ataupun banking akan memberi notifikasi berupa SMS ataupun pemberitahuan di dalam akun email pribadi Anda. Maka dari itu cek secara keseluruhan apakah proses bayar BPJS Online juga berhasil atau belum.

Kebutuhan sistem online dalam proses membayar BPJS online ternyata memberi pengalaman menarik bagi pemilik kartu BPJS. Rata-rata proses online dipilih sebagai satu cara mudah dan cepat dibandingkan harus mendatangi gerai minimarket ataupun kantor pos. Akan tetapi usahakan dari sisi koneksi jaringan internet harus bisa memberi sambungan lancar hingga proses pembayaran dapat berjalan lancar.
Tips Cermat Bayar BPJS Online Melalui Mobile Banking Tips Cermat Bayar BPJS Online Melalui Mobile Banking Reviewed by shakaela on Juli 06, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.