Kenapa Kendaraan Beroda Empat Mesin Diesel Lebih Mahal Dari Mesin Bensin

Harga kendaraan beroda empat diesel lebih mahal - mungkin ada beberapa dari anda yang bertanya tanya mengapa harga kendaraan beroda empat yang menggunakan mesin jenis diesel ini harganya jauh lebih mahal dibandingkan kendaraan beroda empat yang menggunakan mesin bensin ? apakah sebab mesin diesel ini hemat materi bakar dan mempunyai tenaga atau torsi yang berpengaruh yang mengakibatkan mesin ini kemudian dihargai lebih mahal ?

Nah kendaraan beroda empat mobil bermesin diesel yang dipasarkan di tanah air maupun dalam skala global memang harganya jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan kendaraan dengan brand dan type homogen dengan yang bermesin bensin, misalkan saja kendaraan beroda empat Toyota Kijang Innova model Q M/T bermesin diesel di pasar indonesia dilepas seharga sekitar 412 juta an, namun dengan model dan type yang sama versi mesin bensin hanya dilepas di kisaran harga 374 juta an, ada perbedaan harga sekitar 40 jutaan disini.

Lalu apa sih yang mengakibatkan harga kendaraan beroda empat mesin diesel lebih mahal dibandingkan kendaraan beroda empat mesin bensin ?

Penyebab kenapa harga kendaraan bermesin diesel ini lebih mahal ialah dikarenakan biaya atau ongkos pembuatannya yang juga lebih mahal dibandingkan ongkos mesin bensin. jikalau pada mesin bensin pihak manufaktur dapat menekan biaya produksi dengan menggunakan material yang harganya lebih murah namun tetap berpengaruh menyerupai halnya penggunaan aluminium, untuk kendaraan beroda empat bermesin diesel tidak demikian, seluruh material mesin ( blok mesin dan cylinder head ) harus terbuat dari besi baja yang harganya sangat mahal.

Kenapa harus menggunakan baja dan bukan menggunakan aluminium ?

Penggunaan material besi baja yakni suatu keharusan untuk sebuah mesin diesel, hal ini dikarenakan mesin diesel umumnya mempunyai kompesi ruang mesin yang sangat tinggi. Perlu anda tahu bahwa proses pembakaran yang terjadi didalam mesin diesel sangat berbeda dengan mesin bensin, jikalau pada mesin bensin menggunakan busi sebagai pemantik api dikala proses pembakaran berlangsung. Pada mesin diesel tidak demikian, mesin diesel tidak mempunyai sebuah busi sebagai pemantik api, proses pembakaran terjadi melalui udara terkompresi didalam ruang mesin yang mengakibatkan materi bakar solar akan pribadi terbakar dan menghasilkan tenaga.

Nah sangat masuk akal sekali bukan bila harga sebuah mesin diesel ini jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan mesin bensin. Selain komponen mesin terbuat dari material baja yang berkualitas, faktor yang menghipnotis mahalnya harga mesin diesel lainnya yakni sebab adanya sebuah komponen turbocharger yang terpasang.

Mesin turbocharger ini yakni sebuah sistem induksi paksa yang berfungsi untuk memperbanyak pasokan udara masuk kedalam ruang bakar biar kompresi mesin menjadi lebih meningkat, dan efeknya tentu performa mesin juga meningkat. Untuk memahami lebih jauh ihwal turbocharger silahkan baca goresan pena kami lainnya melalui tautan dibawah ini.

Nah sudah tahu kan alasan kenapa harga mesin diesel lebih mahal dari mesin bensin ? Semoga bermanfaat.

Kenapa Kendaraan Beroda Empat Mesin Diesel Lebih Mahal Dari Mesin Bensin Kenapa Kendaraan Beroda Empat Mesin Diesel Lebih Mahal Dari Mesin Bensin Reviewed by shakaela on Agustus 10, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.