Apa itu cedera hamstring?


Hamstring (otot paha posterior) terbagi dalam tiga otot besar, yakni semimembranous, semitendinosus, serta otot biseps femorister. Ke-3 otot besar itu ada di belakang paha (bawah pantat dekat tulang duduk iskium) serta memanjang dari pinggul sampai bawah lutut (tulang tibia serta fibula). 

Otot ini dengan aktif bisa menggerakkan lutut serta pinggul hingga begitu bertindak penting saat Anda lari, melonjak, serta memanjat. Waktu ke-3 otot besar itu menegang atau robek, cedera hamstring dapat berlangsung. Tingkat keparahan cedera otot paha posterior ini juga dibagi jadi tiga tingkat, yakni: 

  • Cedera tingkat 1: terdapatnya tarikan atau ketegangan otot mudah 
  • Cedera tingkat 2: terdapatnya robekan pada 1/2 otot 
  • Cedera tingkat 3: terdapatnya robekan pada semua otot 

Cedera hamstring bisa berlangsung dengan tidak diduga serta gejalanya juga bermacam. Pada tingkat mudah, perasaan ngilu mungkin tidaklah terlalu kronis. Tetapi pada masalah kronis, perasaan ngilu menyebar di belakang paha, pantat, sampai sisi bawah lutut akan membuat seorang tidak dapat berjalan, berdiri, membungkuk, atau meluruskan kaki. 

Mengapa cedera hamstring dapat berlangsung dengan berulang? 

Kegiatan apapun yang dengan mendadak memunculkan desakan berat serta ketegangan pada otot hamstring akan mengakibatkan cedera. Tetapi, juga bisa berlangsung lebih lamban, bila pergerakan yang Anda kerjakan selalu meregangkan otot hamstring. Umumnya ini berlangsung saat Anda kelamaan lari serta tidak diduga melonjak atau memanjat. Anda dapat juga memperoleh cedera pada otot hamstring, jika: 

  • Lakukan berolahraga tanpa ada latihan pemanasan 
  • Mempunyai berat tubuh berlebihan hingga otot glutes lemah. Otot hamstring serta glutes bekerja bersama untuk menolong Anda berjalan 

Cedera hamstring tidak berlangsung saat Anda berdiri atau berjalan. Tetapi, berlangsung dengan tidak diduga saat Anda lari atau melonjak. Nah, beberapa orang yang seringkali beraktivitas ini, seperti pemain bola, pelari, pemain tenis, serta baseball tentu semakin lebih rawan alami cedera ini berkali-kali. 

Apa penyembuhannya memerlukan waktu lama? 

Lamanya proses otot yang robek sembuh kembali, bergantung dengan keparahan cedera tersebut. Diluar itu, kegiatan orang yang cedera sangat punya pengaruh pada kesembuhan otot. Umumnya cedera hamstring pada tingkat 1 akan pulih dalam beberapa waktu. Sesaat, cedera tingkat 2 serta 3 akan memerlukan waktu beberapa minggu sampai beberapa bulan 

Waktu cedera pertama-tama, umumnya keparahannya masuk dalam tingkat 1. Ini mengisyaratkan satu diantara otot menegang serta tertarik. Cedera ini biasanya berlangsung pada beberapa orang yang bukan altet atau atlet pemula, saat Anda beristirahat serta tidak beraktivitas yang memberatkan otot hamstring, umumnya otot akan cepat sembuh kembali. 

Berlainan dengan cedera tingkat 2 serta 3, yang mengisyaratkan terdapatnya robekan pada satu atau ke-3 otot sekaligus juga. Ini biasanya berlangsung pada atlet sebab mereka berkali-kali memakai otot hamstring dengan berulang. Kegiatan mereka yang condong lari dalam tempo lama serta selalu melonjak, proses penyembuhannya akan memerlukan waktu lebih lama. 

Itu penyebabnya cedera hamstring pertama-tama bertambah cepat proses penyembuhannya, dibanding cedera pada ke-2 atau ke-3 kalinya.
Apa itu cedera hamstring? Apa itu cedera hamstring? Reviewed by shakaela on April 12, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.